WEB GIS, TOOLS PENGEMBANGAN WEB GIS DAN CONTOH SITUS WEB GIS

Apa itu WEB GIS

Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan aplikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS. Hal ini disebabkan karena pengembangan applikasi di lingkungan jaringan telah menunjukan potensi yang besar dalam kaitannya dengan geo informasi. Sebagai contoh adalah adanya peta online sebuah kota dimana pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. Secara umum Sistem Informasi Geografis dikembangkan berdasarkan pada prinsip input/masukan data, managemen, analisis dan representasi data. WebGIS adalah sebuah sarana untuk memberikan informasi kepada masyarakat berupa data spasial (peta) di antaranya rencana tata ruang kota untuk memberikan gambaran secara keruangan, sehingga diharapkan masyarakat dapat secara aktif turut serta dalam proses pemanfaatan lahan di lingkungan masing-masing.

 

TOOLS PENGEMBANGAN WEB GIS

Python adalah bahasa scripting yang populer diantara software GIS, terutama bagi mereka yang ingin bekerja dengan produk desktop ESRI. Belajar Python adalah cara memahami scripting dan menciptakan beragam tools dalam kerangka ArcGIS untuk kemudahan analisis.

C # merupakan bahasa pemrograman disarankan yang relatif mudah dan intuitif untuk dipelajari. Belajar. NET juga akan memungkinkan Anda untuk mampu membuat kustomisasi di ArcGIS. Bahasa pemrograman VBA tidak akan lagi mendukung ArcGIS 10. Untuk itu bagi pengguna yang memiliki fungsi kustomisasi yang dibangun menggunakan VBA , harus merencanakan strategi untuk menulis ulang aplikasi mereka menggunakan bahasa pengembangan yang didukung seperti Python, VB.NET, atau C # sehingga mereka aplikasi terus operasional dan didukung dalam rilis masa depan ArcGIS.

Untuk pengembangan aplikasi berbasis web, belajar HTML, javascript, dan CSS sebagai dasarnya. Java, PHP, dan ASP.NET adalah bahasa pemrograman tambahan untuk pengembangan web yang lebih maju.

CONTOH SITUS WEB GIS

http://webgis.dephut.go.id/

http://gis.bpbatam.go.id/KAAAA00104S.jsp?lang_cls=ini

http://webgis.bgl.esdm.go.id/gisbgl/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: